Amalan di Malam-Malam Ramadhan

Pertama: Mengakhirkan berbuka sampai waktu Isya’, kecuali bagi yang tidak mampu atau yang ditunggu oleh orang-orang lain.
Kedua: Berbuka dengan makanan dan minuman yang tidak subhat. Terutama berbuka dengan kurma agar pahala shalatnya dilipatgandakan 400 kali. Berbuka yang terbaik adalah dengan kurma atau buah-buahan yang manis, dan air yang hangat.
Ketiga: Membaca doa berbuka puasa.
Keempat: Membaca surat Al-Qadar ketika berbuka.
Kelima: Bersedekah ketika hendak berbuka, memberi buka puasa pada orang-orang yang berpuasa walaupun dengan sebiji kurma atau seteguk air.Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya orang yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa, ia memperoleh pahala tanpa mengurangi pahalanya, dan dengan memberi makanan itu ia akan memperoleh pahala kebaikan yang ia lakukan.”

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Sesungguhnya seorang mukmin yang memberi makanan kepada mukmin yang lain di bulan Ramadhan, Allah akan mencatat baginya seperti pahala orang yang memerdekakan tiga puluh budak yang mukmin, dan doanya akan diterima di sisi Allah swt.”

Keenam: Membaca surat Al-Qadar seribu kali setiap malam.
Ketujuh: Membaca surat Ad-Dukhan, surat ke 44, kalau tidak memberatkan.
Kesembilan: Membaca doa pengampunan dosa setiap malam.
Kesepuluh: Membaca doa haji, seperti yang disebutkan sebelumnya (doa haji1, di bagian doa umum)
Kesebelas: Membaca doa Iftitah setiap malam Ramadhan.
Kedua belas: Membaca doa Permohonan menjadi orang yang sholeh
Ketiga belas: Membaca doa haji (di bagian doa malam-malam Ramadhan)
Keempat belas: Membaca doa berikut ini:

اَعُوذُ بِجَلالِ وَجْهِكَ الْكَريمِ اَنْ يَنْقَضِيَ عَنّي شَهْرُ رَمَضانَ، اَوْ يَطْلُعَ الْفَجْرُ مِنْ لَيْلَتي هذِهِ، وَلَكَ قِبَلي تَبِعَةٌ اَوْ ذَنْبٌ تُعَذِّبُني عَلَيْهِ

A’ûdzu bijalâli wajhikal karîm ay yanqadhiya ‘annî syahru ramadhân, aw yathlu’al fajru min laylatî hâdzihi, wa laka qibalî tabi’atun aw dzanbun tu’adzdzibunî ‘alayhi.

Aku berlindung dengan keagungan wajah-Mu yang mulia dari berlalunya bulan Ramadhan dan terbitnya fajar malam ini sementara keburukanku atau dosaku yang mengharuskan siksa-Mu belum Engkau ampuni.

Kelima belas: Melakukan shalat sunnah yang manfaatnya untuk menghapuskan tujuh puluh ribu keburukan. Di dalam suatu riwayat disebutkan bahwa orang yang melakukan shalat ini, Allah akan mengampuni tujuh puluh ribu keburukannya. Caranya lihat pada “Shalat untuk menghapuskan 70.000 keburukan”.

Keenam belas: Di dalam hadis disebutkan bahwa orang yang membaca surat Al-Fat’h, surat ke 48, setiap malam di bulan Ramadhan dalam shalat sunnah, ia akan terjaga dalam setahun.

Ketujuh belas: Melakukan shalat seribu rakaat. Dan ketahuilah bahwa shalat seribu rakaat termasuk amalan yang utama di malam-malam bulan Ramadhan. Caranya lihat di bagian “Shalat seribu rakaat”.
(Mafâtihul Jinân: bab 2, pasal 3)

Wassalam
Syamsuri Rifai

Secara detail tentang keutamaan hari-hari Ramadhan berikut amalan dan doa-doanya (dilengkapi bacaan tek latin), juga amalan dan doa2 pilihan harian:
https://islampraktis.wordpress.com

Macam2 shalat sunnah, doa-doa pilihan, dan artikel2 Islami, klik di sini:
http://syamsuri149.wordpress.com
http://shalatdoa.blogspot.com

Tafsir tematik, keutamaan surat2 dan ayat2 Al-Qur’an:
http://tafsirtematis.wordpress.com

Audio shalawat tarhim, doa dan musik2 ruhani (mp3), dilengkapi tek narasi, klik di sini:
http://syamsuri149.multiply.com

Amalan praktis, Adab2 dan doa2 haji dan umroh, klik di sini:
http://almushthafa.blogspot.com

Milis artikel2 Islami, macam2 shalat sunnah, amalan2 praktis dan doa-doa pilihan serta eBooknya, klik di sini:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia
http://groups.yahoo.com/group/Shalat-Doa

Milis Feng Shui Islami, rahasia huruf dan angka, nama dan kelahiran, rumus2 penting lainnya, dan doa2 khusus, klik di sini:
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami

Published by Syamsuri Rifai

Segala puji bagi Allah Yang Maha Rahman dan Maha Rahim. Semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada rasul yang agung dan keluarganya yang suci. "Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membuatkan solusi baginya, dan mengkaruniakan padanya rizki dari arah yang tak diduga-duga" (QS. Ath-Thalaq |65 : 2-3)

Leave a comment